Logo

Berita & Artikel

Tips menjaga kesehatan saat mudik Lebaran

Tips menjaga kesehatan saat mudik Lebaran

Tradisi yang dilakukan setiap tahun menjelang hari raya Lebaran adalah mudik. Apakah tahun ini Anda punya rencana untuk mudik lebaran juga? Jangan lupa untuk selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat selama perjalanan.

Supaya terhindar dari berbagai macam penyakit saat mudik, Kementerian Kesehatan RI menghimbau agar para pemudik senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya adalah seperti mencuci tangan pakai sabun setiap sebelum makan. Hal yang terkadang kerap diabaikan oleh para pemudik ini penting dilakukan agar terhindar dari penyakit akibat kuman yang menempel di tangan Anda.

Dalam siaran pers yang dilansir di laman resminya, Kemenkes menyampaikan beberapa tips bagi para pemudik, yaitu:

Untuk para pengemudi kendaraan roda empat atau lebih:
1. Siapkan fisik yang prima dan periksa kesehatan sebelum mengemudi
2. Hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol
3. Istirahat setelah mengemudi selama 4 jam
4. Bila sakit di perjalanan, manfaatkan fasilitas kesehatan terdekat
5. Siapkan obat-obatan P3K
6. Hati-hati mengemudi saat turun hujan/ cuaca buruk
7. Tidak menggunakan alat komunikasi pada saat mengemudi

Untuk para pengemudi kendaraan roda dua:
1. Patuhi rambu lalu lintas
2. Gunakan helm terstandar
3. Tidak menggunakan alat komunikasi pada saat mengemudi
4. Beristirahat jika mengantuk/ lelah
5. Hindari berkendara jika tubuh tidak sehat
6. Hindari penggunaan obat yang menyebabkan kantuk dan minuman beralkohol
7. Hindari membawa beban atau orang melebihi kapasitas
8. Pastikan kendaraan dalam keadaan baik
9. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Untuk para penumpang:
1. Siapkan fisik yang prima dan periksa kesehatan sebelum perjalanan
2. Bawa persiapan makanan dan minuman yang cukup
3. Siapkan obat-obatan pribadi
4. Istirahat yang cukup dalam perjalanan
5. Bila sakit di perjalanan, manfaatkan fasilitas kesehatan terdekat
6. Jangan membuang sampah sembarangan
7. Tidak merokok di dalam kendaraan.

Sumber : KabarSEHATonline & http://pppl.depkes.go.id/

Latest Berita & Artikel

5 Cara Efektif Atur Keuangan Saat Pandemi Buat Generasi Sandwich5 Cara Efektif Atur Keuangan Saat Pandemi Buat Generasi Sandwich
Dampak covid-19 terhadap perekonomian memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itu, mengatur ulang strategi manajemen baik untuk keuangan pribadi dan keluarga sangatlah penting terutama untuk para generasi sandwich di musim pandemi seperti saat ini.
Anda para generasi sandwich memiliki beban finansial yang harus dibagi untuk pribadi dan keluarga pasti sedang dilanda dengan berbagai kekhawatiran karena dampak negatif yang diberikan oleh covid-19 terhadap ekonomi saat ini.
Dengan melihat berbagai perusahaan yang harus memotong gaji sampai merumahkan banyak karyawannya dan berbagai bisnis kecil lainnya yang gulung tikar, membuat Anda mau tidak mau harus bisa mempersiapkan kondisi keuangan untuk berbagai hal terburuk yang mungkin terjadi baik sebagai karyawan ataupun pengusaha.
Tidak tau kapan pandemik covid-19 akan selesai, alangkah bijaknya bagi Anda untuk mulai mengatur strategi bagaimana cara mengatur keuangan Anda kembali demi kondisi keuangan yang tetap stabil dengan berbagai risiko terburuk yang mengancam. Berikut cara mengatur keuangan untuk para generasi sandwich di tengah kondisi pandemi covid-19 saat ini:
9 Komponen Mobil yang Harus Mendapatkan Service Berkala
Memiliki mobil pribadi membuat Anda harus menyiapkan segala kebutuhannya secara sigap. Setelah mendaftarkan asuransi kendaraan terbaik, Salah satu yang paling penting adalah service mobil berkala. Jangan sampai Anda lalai melakukan service mobil sampai mobil mengalami kerusakan serius.
Sebenarnya service mobil berkala tidak membutuhkan biaya besar bila Anda melakukannya secara teratur. Kenali dulu sembilan komponen mobil yang mesti mendapatkan service berkala berikut ini. Agar Anda bisa menyiapkan waktu dan budget untuk urusan service
7 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas
Selain jeli melihat kondisinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas. Berikut ini beberapa tips memilih mobil bekas berkualitas: